BLOG DESTINATION

Januari 3, 2008 § 2 Komentar

Ketika pukul 00.00 bergeser ke angka selanjutnya dan tiba di sudut 90 derajat dari 00.00 saya (lagi-lagi) membaca tulis Fatih syuhud, tentang “Jangan Terobsesi Komentar: Blog Pakar dan Non Pakar” yang secara tidak langsung membuka tabir yang selama ini menutup mata saya didunia Blogosphere Indonesia. Blog dengan ratusan lebih komen yang luar biasa dan blog dengan trafik dan page rank tinggi, bagaimana bisa itu bisa dilakukanya, padahal maaf nih, isi kontennya ya kalau saya bilang kadang Cuma iseng-iseng yang berlebihan saja, terlepas ini jenis blog pakar atau non pakar. Variabel-variabel yang menyertai tentu saja sangat banyak sekali, yang salah satunya, tujuan pembuatan blog dari si empunya blog sendiri apa. Kalau misalnya si Blogger itu adalah orang yang memang terjun ke dunia tulis menulis dan memang background dia adalah seorang penulis tentu saja apa yang ditulisnya adalah analisis dan opini pribadinya. Atau kalau boleh saya bilang blog nya adalah kanvas pribadi sang penulis untuk sekedar menuangkan pikiranya, entah dibaca orang atau tidak itu bukan substansi dari misi pembuatan blognya, kecuali kalau memang misi utama pembuatan blog ini adalah sebagai salah satu wujud permorma profesionalismenya, itu lain lagi ceritanya. Kasus ini terjadi pada Bung Budi Putra bukan, dari penulis majalah, dia bahkan bekerja sebagai jurnalis professional di salah satu media cetak ternama di indonesia keluar dengan hormat dan sengaja ingin menjadi blogger professional. Nah , sebaliknya blog yang dibuat seseorang untuk sekedar bersenang-senang, sebagai diary OnLine nya misalnya, untuk contentnya pastilah sebuah cerita-cerita pribadi, opini-opini yang tidak spesifik yang kadang kita jumpai tidak sesua dengan basic keilmuan mereka. Ini sah-sah saja kan, tidak ada aturan yang pasti (baca: gak ada ADARTnya) tentang penggunaan blog, walopun memang kadang kita jumpai juga blog yang kena cap spam yang akhirnya di banned sama CMS masing-masing. Tidak ada larangan juga misalnya si empunya blog itu pasang-pasang foto pribadinya, ajang narsis kata anak muda jaman sekarang. Ada juga blog yang isinya adalah untuk bisnis, kasus ini terjadi pada para Adsenser, internet marketing blogger, yang juga sama sekali tidak pernah ada larangan, bahkan BLOGGER.com pun mensupport fasilitas ini untuk layanan tidak berbayar.

Tapi sebenarnya makna dari blog itu sendiri yang harus kita rujuk kembali , komen tidak banyak itu sebenarnya bukan masalah yang urgen, saya setuju dengan pernyataan mas Fatih syuhud A lot of comments and high traffic is not everything. Good quality content is.” Karena blog yang berkualitas dengan kontenya, yang banyak memberi nilai informasi, memberi pencerahan, memberi inspirasi, wacana, motivasi, dan membuka opini lah yang menurut saya Good quality content.
Seperti juga yang dinyatakan mas Agus Herry pada beberapa waktu yang lalu pada saya melalui YM, “blog saya ini adalah proyek idealis, walaupun dengan layanan free dari blogger tapi akan tetap saya pertahankan alamat domainya, saya tidak akan merubah domain edittag.blogspot.com menjadi domain berbayar yang lain, biarkan saja, saya akan membuktikan bahwa dengan domain free pun saya bisa establish.”
So, that’s it. Tetaplah ngeBlog!
Iklan

§ 2 Responses to BLOG DESTINATION

  • goop berkata:

    Yup, tetaplah nge-blog…
    memang komen bukan yang terlalu penting, dan dibaca adalah tujuannya, tapi di lain pihak, alangkah senang bila ada yang sekedar meninggalkan jejak. Itu menurut saya 😀
    akhirnya yuukkk ngeblog mas… :mrgreen:
    -salam-

  • goop berkata:

    Maaf, ada yang ketinggalan…
    *setelah lirik sidebar*
    ternyata di solo ya?? saya di klaten lho mas 😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading BLOG DESTINATION at lebihbaik.

meta

%d blogger menyukai ini: