For the Loser

April 14, 2009 § 14 Komentar

Aku adalah sebagian dari mereka, yang sedang asyik tertawa. Tapi aku bukan tertawa karena gembira dan bahagia, tapi aku tertawa karena aku tahu aku sudah gila. Aku tidak sendiri pastinya, kawan-kawanku dari berbagai daerah juga banyak yang menjadi seperti ku sekarang ini. Aku hanya berdiri di sudut ruangan ini, untung saja ruangan ini ber AC dan ada TVnya, kalau tidak aku sudah tambah gila.

Sendirian aku di ruangan ini, aku merasa sepi, aku merasa salah dan kalah! Aku kalah… Aku kalah… Aku tidak dapat duduk di kursi empuk itu sambil berdiskusi dan menikmati uang mengalir secara spontan ke rekeningku. Karena saat ini aku hanya dapat disini sendiri menatap halaman berumput hijau itu. Semua miliku sudah habis, hutangku bertambah berlipat-lipat seperti grafik kuadrat, anak istriku sebenarnya sudah melarangku, tapi aku tidak mungkin hanya diam dengan kesempatan seperti ini. Usahaku bangkrut karena semua aset kujual dan kugadaikan. Hanya untuk sekedar berpesta di gelanggang perebutan kursi panas itu.

Aku menatap keluar dari jendela kamarku, terkadang mereka yang di halaman luar sana menyapaku dengan lambaian tanganya, sebenarnya mereka sadar atau tidak, aku juga tidak tahu, kerena mereka juga sepertiku tetapi masuk kesini dengan jalan yang berbeda.

Aaaahh, sekarang sudah jam 12 siang. Waktuku untuk makan siang, aku sedang menunggu wanita yang biasanya membawakanku makanan. Yang aku herankan, kenapa wanita itu selalu memakai pakaian serba putih. Dan, ketika aku ingin berlari pergi dari ruangan ini, ada dua pria yang berbaju putih mencegahku. Mereka bilang aku gila tapi aku merasa waras sepenuhnya, aku adalah anggota dewan hoi!

—————————————————————————————————————————————————-

Fakta:

11.215 orang memperebutkan 560 kursi DPR dan 1.109 orang bersaing mendapatkan 132 kursi Dewan Perwakilan Daerah. Selain itu, sekitar 112 ribu orang bertarung untuk mendapat 1.998 kursi di DPRD provinsi dan 1,5 juta orang bersaing merebut 15.750 kursi DPRD kabupaten/kota. Total caleg 1.624.324 orang dan total kursi yang diperebutkan 18.440 kursi.

Dari 1.627.342 orang tersebut, sudah dapat dipastikan bahwa 1.605.884 orang bakal gagal menduduki kursi “Anggota Dewan  Terhormat” (mediaindonesia.com).

Kuota RSJ di Bogor, Rumah Sakit Jiwa Marzuki Mahdi (RSMM): “Kami telah menyiapkan 10 ruangan VIP  khusus untuk caleg yang kaya raya dari Kota Bogor, maupun dari luar Bogor, yang  tidak lolos menjadi anggota DPRD. Ada 104 kamar dari total 800 kamar yang belum terisi. Dari kamar kosong itu, sebagian besar memang disiapkan mengantisipasi lonjakan pasien setelah pemilu 2009” (sorot.vivanews.com).

Kuota RSJ di Banjarmasin: “Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum Kalsel, dr Asyikin SPKJ, mengatakan, ini sudah ada 160 kamar untuk pasien sakit jiwa termasuk untuk para caleg yang gagal. Bahkan sudah ditambah 30 kamar”(kompas.com).

Direktur Rumah Sakit Jiwa Bandung Baniah Patriawati memprediksi pasien RSJ meningkat hingga 20% pascapemilu kali ini.Apalagi sistem penetapan calon terpilih untuk Pemilu 2009 berbeda dengan Pemilu 2004. Saat ini, penetapan calon terpilih berdasarkan suara terbanyak. Pascapemilu 2004 lalu, jumlah pasien RSJ Bandung meningkat 10% (sindo.com).

—————————————————————————————————————————————————-

Aku, masih sering terngiang suara-suara hiruk pikuk itu, mereka meneriakan namaku dan berharap banyak padaku, ketika itu di sebuah lapangan di tengah kota aku berteriak untuk memeperjuangkan nasib mereka. Aku hanya ingin sedikit menghibur mereka dengan musik dangdut dan aku hanya memberi mereka tidak lebih dari lima puluh ribu untuk setiap orang. Namun, pada akhirnya mereka menghianatiku.

THE END

Iklan

Tagged: , , ,

§ 14 Responses to For the Loser

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading For the Loser at lebihbaik.

meta

%d blogger menyukai ini: