Senyumku untuk UNS BlogFest 0.9

April 24, 2009 § 23 Komentar

Hari itu, semua begitu menghebohkan! Saya dan seorang teman berada di lantai 2 untuk memaintenance hotspot di gedung auditorium UNS. Aku sejenak berpikir, apakah semua peserta akan dapat konsisten  hingga pukul 16.00 sore nanti. Aku khawatir, karena biasanya para peserta seminar sudah mulai kabur setelah adzan dhuhur berkumandang. Kawanku yang hebat itu sudah tertidur pulas di atas kursi-kursi yang biasanya untuk menjamu para tamu wisudawan pada waktu-waktu kelulusan mahasiswa. Kasihan dia, semalam suntuk hingga adzan subuh masih saja mengutak-atik jaringan hotspot agar acara ini berjalan sukses. DAN, memang benar, salah satu point yang sangat penting pada acara ini adalah fasilitas hotspot. Karena acara ini adalah sebuah event yang  tidak main-main di UNS, namanya UNS BLOGFEST 0.9!!

Peserta begitu ramai, riuh rendah tawa mereka memenuhi seluruh auditorium, Iman Brotoseno sedang bersandar di kursi pembicara bersama seorang moderator, gayanya memang khas, seorang photographer sekaligus penulis dan pastinya berwawasan sangat luas. Dengan kaos semi formal dan sepatu santainya, dia begitu mempesona para audiens yang sedang mendengarkan berbagai fatwanya tentang dunia blogosphere di Indonesia. Cerita-cerita serunya tentang berbagai pengalaman seputar blog, jurnalistik, photography bahkan hingga soal politik pun menggemparkan suasana, disertai humor-humor segarnya, Iman Brotoseno terus melenggang dengan kalimat-kalimat indahnya. Audiens yang kebanyakan mereka adalah mahasiswa UNS dan tidak semua dari mereka mengenal Blog pun akhirnya manggut-manggut dan menyesap habis obrolan khas ngopi Iman Brotoseno. Benar-benar mantap!

blog1 uns

Tidak kalah ramainya, Kristupa W Saragih (the boss of FN, pen) banyak berbicara soal photoblog dan kemanfaatanya ketika sebuah photo dipublish melalui social netwoking semisal blog. Kristupa yang menggunakan pakaian santai tersebut juga bercerita, mengapa akhirnya dia memutuskan untuk memotret sebagai jalan hidupnya, padahal dulunya dia adalah seorang mahasiswa jurusan Teknik Geologi di Jogja.Kristupa juga memberikan banyak masukan tentang bagaimana membuat sebuah foto yang menarik dan bagaimana foto itu bisa berbicara, bukan hanya sebuah salon foto, namun foto juga harus mempunyai makna.

Dari atas sini, nampak mereka yang berdress code abu-abu, mereka adalah para pejuang blogfest 0.9 ini, mereka tampak bergembira, walaupun terkadang kutemukan beberapa diantara mereka yang berwajah kucel dan ngantuk, itu karena keistiqomahan mereka untuk lembur dan siap sedia dalam berbagai kondisi demi terlaksananya blogfest perdana ini. Akhirnya, ada juga yang membawakanku snack dan kopi hangat untuk mengisi perutku yang sudah keroncongan cacingnya. Sesi kedua setelah Kristupa dan Iman Brotoseno adalah Melanie Subono dan Radityadika.

Melanie Subono, seperti biasa dengan santainya dia melenggang memasuki auditorium dan memerintahkan semua mata yang melihatnya terpesona, penampilanya benar-benar Slankers sejati. Tidak mau duduk di kursi pembicara dan malah klesotan di di tangga podium. Setiap penanya laki-laki akan di samperinya, kalau perempuan, si penanyanya yang suruh ke atas podium. Sampai-sampai adik tingkat saya yang kenal begitu polos dan alim berani mendekati Melanie. Disuruh merayu malah cuma bilang “Melanie Subono itu artinya apa mbak?” dijawab oleh Melanie, “Rayu dulu…!”

“eehmmm, mbak Melanie kok nakal sih…”

Sontak semua audiens tertawa terpingkal-pingkal, bahkan sampai Melanie pun juga bingung, ini anak kok bisa seperti itu bentuknya. Lengkap dengan rambut cepak bergaya belah pinggir seperti anak SD kelas 1 masuk sekolah pertama kali, dan gaya bahasanya yang sangat formal. Dan, justru menambah kemeriahan di siang itu.

blog-melanie-copy

Melanie pun mengajak seluruh audiens bernyanyi bersama, tidak lepas dari identitasnya, mambawakan lagu Slank, Terlalu Manis. Luar biasa benar siang itu. Di sela-sela tawa itu aku tersenyum dan berpikir, seandainya 500 orang yang datang disini saat ini benar-benar memanfaatkan blognya dengan baik, akan sangat luar biasa potensi kampus ini.

Datanglah si kambing jantan dari Barat. Kambing yang ditunggu-tunggu ini rupanya memang tidak pernah mengecewakan, satu kalimat awal saja sudah membuat perut kita dikocok habis. Kalimat kedua membuat indra tertawa kita tidak bisa berhenti berkontraksi, kalimat ketiga autis dan kalimat keempat membuat bangsa ini hancur dengan semakin membanyaknya manusia-manusia konyooL seperti dia.

blog-radit1

Pukul 16.00 – Kekhawatiranku sudah musnah! Audiens masih bertahan dengan perut mualnya karena tertawa oleh Radit. Saya akhirnya memutuskan untuk turun dan bertemu mas Iman, dan pastinya ngobrol kemana-mana. Banyak masukan dan petuah-petuah bijak dari mas Iman yang membuat saya kembali berfikir, sebenarnya ngeblog itu bukan hanya sekedar bermain kata, namun blog itu adalah sebuah rumah, dimana kita bisa memberikan warna apapun pada cat rumah tersebut. Buat rumah itu senyaman mungkin dan kita, serta orang – orang yang berkunjung ke blog kita dapat mengambil satu manfaat yang berguna.

UNS BlogFest 0.9 – Saya yakin sekali bahwa ini bukan hanya menjadi ajang eventual saja, mereka para mahasiswa UNS sudah mulai terpacu adrenalinya untuk ngeblog dan membuat blognya dicari-cari oleh orang. Blog mereka adalah wajah mereka dan otak mereka. Blog mereka akan menjadi ajang untuk berbagi kepada sesamanya.

blogfest1

Ini adalah langkah awal kawan, perjalanan masih panjang, masih banyak kerikil di jalan yang akan menyita perhatian dan masih banyak jalan berliku-liku yang akan sangat berat untuk kita hadapi Kawan… tetaplah bersama Kawan, semoga semangat kalian tetap terjaga, dan keep writing!

VIVA UNS BLOGFEST!!!

Iklan

Tagged: , , , , , ,

§ 23 Responses to Senyumku untuk UNS BlogFest 0.9

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Senyumku untuk UNS BlogFest 0.9 at lebihbaik.

meta

%d blogger menyukai ini: